Rabu, 07 September 2011

Memulai Bisnis Onlineshop


Jaman sekarang mungkin onlineshop udah bertebaran dimana2, bahkan gw akuin gw juga punya onlineshop. Hahahha, bukannya mau ikut2an trend cuy dan karena onlineshop tidak butuh modal gede selain biaya internetan dan pulsa tlp atw sms..tapi hanya mencoba mengais rejeki dari kesempatan yang ada (apa coba.. =,=). Disuggest friend gw di FB gw juga rata2 isinya onlineshop, gak di akun yang pribadi ataupun akun onlineshop. Nah, gw sebagai pemain yang udah bisa dibilang cukup lama berkelana di dunia persaingan bisnis onlineshop (gaya banget dah gw.. :D), gw pengen ngasih tau kalian tips2 dasar untuk yang mau buka onlineshop.

  • Tentuin jenis barang atau produk jualan kalian. Sebisa mungkin produk yang ingin kalian jual adalah jenis produk yang kalian kuasai. Hal ini untuk mencegah kalian kebingungan kalo ada calon customer yang nanya2. Ingat, kebingungan kita dalam menjawab pertanyaan bisa jadi bikin calon customer ini jadi ragu dan pada akhirnya kabur karena menganggap kita tidak bisa dipercaya.
  • Jangan hanya sekedar mengikuti trend produk jualan onlineshop lagi in. Kenapa? Karena nantinya kita bakal banyak saingan. Akan lebih baik kita tidak terlalu mengikuti trend dan memilih sesuai yang kita mau dan kuasai produknya.
  • Bersiap2lah untuk terganggu jam tidur dan waktu libur. Hahaha, ini yang terjadi di awal2 gw jualan. Waktu lagi libur pun gw tetep dikejar customer untuk membeli barang, bahkan disaat gw lagi tidur pun ada yang bela2in nelpon cuma untuk ngorder. Trik untuk mengatasi customer2 kyk gini adalah sebar sms massal atau broadcast ke customer2 kita kalau kita akan pergi berlibur dan selalu cantumkan jam kerja atau jam order. Silent handphone kalian sebelum kalian tidur.
  • Bersikaplah ramah dan tanggapi calon customer dengan baik walaupun mereka hanya sekedar tanya2. Jangan pernah jutekin calon customer walaupun dia hanya sekedar nanya2 ke kita. Bisa jadi dia sedang membandingkan kita dengan onlineshop yang lain dari berbagai aspek. Kalo dari awal udah kita jutekin, gimana dia mau jadi customer kita.
  • Jangan ambil untung terlalu banyak dari produk jualan. Siapa yang gk mau dapet untung banyak dalam berbisnis? Tapi coba dipikir2 lagi, lebih kita mengambil untung sedikit atau standar2 aja tapi kita bisa punya banyak customer dan bahkan bisa punya customer tetap daripada kita ngambil untung selangit tapi customer hanya datang sekali ke kita karena harga yang dianggap terlalu mahal.
  • Jaga kepercayaan customer. Ini yang paling penting karena modal utama dalam berbisnis onlineshop adalah bukan duit tetapi kepercayaan dari customer. Kalo kita udah dipercaya oleh customer dari segi kualitas produk dan harga dan pelayanan, customer kita gk akan berpaling walaupun ada onlineshop lain yang datang dan menawarkan lebih dari yang kita berikan.
  • Selalu kasih tau maksimal waktu pengiriman dari jasa kurir yang kita gunakan. Jangan pernah menjanjikan ke customer kalau barang akan datang pada hari A karena ini akan mengurangi kepercayaan dari customer kalau misalnya barang sampai ke customer lewat dari hari yang dijanjikan. Kasih nomor resi dari barang yang sudah dikirim ke customer agar customer yakin kalau barangnya sudah dikirim.
Demikianlah tips dari gw. Moga2 bermanfaat buat kalian. :D


Sumber Gambar : Google

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...